Apa Itu Kelainan “Kleptomania”?

kelainan Kleptomania

Telah diketahui, bahwa masyarakat Indonesia sendiri kurang memiliki adanya pengetahuan dan wawasan yang luas. Ketika seseorang memiliki suatu penyakit ataupun kelainan, pasti banyak sekali orang yang mengatakan hal tersebut kedalam hal-hal yang berbau mistis atau pun dijadikan sebagai korban dari adanya cerita dari mulut ke mulut.

Salah satunya, ialah kelainan Kleptomania ini. Kelainan yang satu ini rupanya disebabkan dengan adanya sebuah dorongan pada impulsive nya yang terkadang membuat para penderita Kleptomania itu sendiri tertekan. Biasanya, orang yang menderita Kleptomania ini pun akan mencuri berbagai macam barang yang tidak berharga dan tidak terlalu memiliki fungsi nya tersendiri.

Sehingga, barang-barang yang telah dicuri nya akan dibuang atau hanyalah disimpan pada suatu tempat. Walaupun para penderita Kleptomania ini memiliki banyak sekali gejala yang harus diketahui dan ditangani sejak awal, namun tak jarang orang yang menyepelekan kelainan tersebut.


Gejala Adanya Kelainan Kleptomania
kelainan Kleptomania

Telah diketahui, bahwa kelainan yang satu ini adalah suatu kondisi pada seseorang yang seringkali mencuri dan tindakan tersebut tidak bisa di sembuhkan dengan seorang diri. Biasanya, orang yang menderita Kleptomania ini hanyalah sebuah dorongan pada impulsive nya yang tidak membutuhkan adanya “harga” pada barang curiannya yang berujung dibuang atau pun disimpan pada suatu tempat. Berikut gejala-gejala yang wajib kamu ketahui pada penderita Kleptomania:

Ketidakmampuan Untuk Melawan Dorongan Impulsif
Gejala yang satu ini rupanya menjadi salah satu gejala orang yang memiliki kelainan Kleptomania. Pada umumnya, orang yang menderita Kleptomania tersebut rupanya tidak memiliki sebuah kemampuan untuk melawan kondisi yang akan memburuk seiring berjalannya waktu.

Sehingga, ia akan membiarkan adanya dorongan impulsive nya tersebut untuk terus melakukan pencurian yang dilakukan. Karena, pada dasarnya seseorang yang memiliki kelainan ini sangatlah membutuhkan orang-orang yang disekitarnya untuk mengatasi atau mencegah kembali perbuatan mencuri.

Pelampiasan Kecemasan Penyebab Mencuri
Kemudian, gejala selanjutnya yang kerap kali dirasakan oleh orang yang menderita adanya Kleptomania yang satu ini, adalah rasa cemas atau rasa tertekan pada kondisinya. Terkadang, rasa cemas atau rasa takut yang berlebihan memang membuat kebanyakan orang melakukan berbagai macam hal-hal yang buruk. Orang yang menderita Kleptomania ini pun biasanya akan mencuri ketika ia sedang bingung untuk melakukan hal-hal yang ingin dilakukannya sebagai pelampiasan terhadap rasa cemas dan rasa takut yang sedang dialaminya.

Adanya Rasa Kesenangan Dalam Mencuri
Gejala yang satu ini memang menjadi gejala yang paling sering dirasakan oleh kebanyakan orang yang menderita adanya kondisi Kleptomania. Pada umumnya, rasa kesenangan setelah mencuri dan rasa puas akan muncul ketika ia telah berhasil mendapatkan suatu barang yang hanya menarik perhatiannya saja. Walaupun terkadang barang-barang yang dicuri nya tidak terlalu berharga dan tidak dibutuhkannya.

Merasa Kecanduan
Kemudian, gejala terakhir yang biasanya dimiliki oleh orang yang menderita kelainan pada kelainan Kleptomania yang satu ini, adalah merasa kecanduan. Walaupun terkadang penderitanya hanyalah melakukan sebagai pelampiasan rasa kecemasan, rupanya hal tersebut pun akan berdampak sebagai “candu” pada dirinya sendiri. Barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan pun terkadang berujung menjadi sampah atau disimpan pada suatu tempat. Kecanduan mencuri yang dimiliki oleh penderita Kleptomania ini pun akan sama miripnya dengan orang yang memiliki kecanduan pada rokok.